Thursday, December 21, 2017

REVIEW FILM SUSAH SINYAL


"Seindah Apapun Emas, tetap saja HARTA YANG PALING BERHARGA ADALAH KELUARGA"

 
Informasi Film

Sutradara          Ernest Prakasa
Produser           Chand Parwez Servia
                        Fiaz Servia
Penulis             Ernest Prakasa
                        Meira Anastasia
Pemeran           Adinia Wirasti
                        Aurora Ribero
                        Ernest Prakasa
                        Refal Hady
                        Valerie Thomas
                        Niniek L. Kariem
                        Chew Kinwah
                        Asri Welas
                        Abdur Arsyad
                        Arie Kriting
Tanggal Rilis   21 Desember 2017

Sinopsis Film
Seorang Pengacara sukses bernama Ellen (diperankan oleh Adinia Wirasti), setelah bekerja selama 12 tahun disebuah Firma, akhirnya memutuskan untuk membuka Firmanya sendiri, bersama dengan sahabatnya Iwan (Ernest Prakasa). Mereka lalu mencari tenaga tambahan yaitu Ngatno (Dodit Mulyanto), seorang pembantu di rumah Ellen, yang pada akhirnya setuju untuk bekerja sebagai Resepsionis merangkap Office Boy setelah bertemu dengan Astrid (Valerie Thomas). Di tengah perjuangan membangun firma tersebut, kabar duka justru menghampiri keluarga Ellen. Ibunda Ellen (Niniek L. Laskmi) yang memang sudah sakit sakitan akhirnya meninggal dunia. Kiara adalah yang paling merasa kehilangan sosok Oma, karena Kiara lebih banyak menghabiskan waktu bersama dengan neneknya dari pada bersama Ibunya. Ellen yang adalah seorang single parent telah menitipkan Kiara sejak kecil untuk dijaga oleh neneknya. Kepergian tersebut membuat hubungan keluarga yang sudah parah ini semakin bertambah parah. Selama ini Ellen begitu sibuk dengan pekerjaannya sehingga dia hampir tak mempunyai waktu untuk Kiara dan keluarga. Dengan nasihat dari guru Kiara, Ellen mengajak Kiara untuk liburan. Kata sepakat didapat Ellen setelah Kiara sendiri yang menentukan tujuan liburan tersebut yaitu Sumba. 
Liburan ke Sumba sungguh membawa dampak yang baik didalam keluarga tersebut. Walaupun susah sinyal, bersama dengan petugas hotel dan pengunjung yang lain, mereka menghabiskan waktu untuk bermain, saling bercerita, dan seru seruan bersama. di hari terakhir liburan itu, Ellen berjanji untuk menjadi apapun yang Kiara minta. 
Namun kasus berat yang ditangani Ellen membuatnya tidak menepati satu janjinya kepada Kiara. Itu membuat Kiara sangat kecewa dan memutuskan untuk kabur dari rumah. Setelah mengetahui bahwa anaknya kembali ke Sumba, Ellen bergegas mengejar Kiara. Disanalah Ellen utarakan beberapa hal yang selama ini tak ingin ia umbar. Setelah rahasia rahasia itu terungkap, mereka lalu saling berjanji, untuk saling menjaga satu sama lain. Akhir yang bahagia menghias ending dari film ini. 
* * *
Keluar Dari Zona Nyaman
Ernest Prakasa seperti biasa selalu berhasil membuat penonton tercengang dengan film garapannya. Sama seperti 2 karya sebelumnya, film ini lagi lagi berhasil menyedot perhatian banyak penonton. Namun ada sesuatu yang jelas berbeda dari Susah Sinyal. Unsur kechinaan yang menjadi hal utama dalam Cek Toko Sebelah (CTS) dan Ngenes, kini hanya menjadi unsur pelengkap. Ernest mencoba keluar dari zona nyamannya, dari sesuatu yang sangat lekat dengan kehidupannya. Ditambah lagi film ini secara garis besar bercerita tentang hubungan Ibu dan anak perempuan, sesuatu yang mungkin asing bagi Ernest. Karena itu Istrinya Meira Anastasya turut serta secara penuh selama penggarapan naskah. Meira tentu lebih paham tentang Ibu, atau anak perempuan. Namun bukan berarti Ernest menghilangkan komedi yang memang menjadi identitasnya. Judul Susah Sinyal ini terinspirasi dari kondisi di Sumba yang memang susah sinyal. Ada potret yang bisa menjadi bahan kita merenung, bahwa ada bagian dari NKRI ini yang masih sangat terbelakang. Ada kritik juga untuk pemerintah agar pemerintah mulai memperhatikan daerah daerah tersebut. Namun Susah Sinyal disini bisa juga merepresentasikan hubungan Ibu dan anak yang susah sekali terhubung, seperti sedang susah sinyal. 

Kenapa Harus Nonton Film Susah Sinyal?


Kalau kalian pernah menonton CTS dan atau Ngenes, kalian sepertinya tidak butuh terlalu banyak alasan untuk menonton film ini. Tak bisa diragukan lagi, Ernest menjadi salah satu Sutradara terbaik saat ini, dilihat dari 3 filmnya yang sama sekali tidak mengecewakan. Komedi dan drama dikemas menjadi satu, ini masih menjadi genre film yang digarap oleh Ernest begitu juga dalam Susah Sinyal. Film dengan genre seperti ini sangat berbahaya karena akan bisa membuat penonton tertawa terpingkal pingkal pada detik pertama, lalu merasakan kesedihan yang mendalam pada detik berikutnya. Kualitas komedi dan drama dalam film Susah Sinyal ini bisa jadi akan membuat anda merasakan sensasi seperti itu. Anda harus nonton film ini karena anda akan tertawa puas dan menangis dalam satu malam, hanya dalam beberapa jam saja.  Film ini tayang pedana pada tanggal 21 Desember 2017, bersamaan dengan beberapa film keren lainnya seperti Star Wars, Ayat Ayat Suci 2, dan Jumanji, sehingga anda harus rela mengantri panjang demi mendapatkan tiket film ini.

Harta Yang Paling Berharga Adalah Keluarga


Pada akhirnya benarlah kalimat dari lagu diatas. Tak ada yang lebih berharga dari keluarga. Karena itu jangan pernah menomor duakan keluarga, jangan pernah mengabaikan keluarga demi apapun, apalagi pekerjaan. Jika anda pernah menonton wawancara dengan Jak Ma (pemilik Alibaba), bahkan sebagai salah satu pengusaha sukses sejagad, dia pernah bilang menyesal dengan hidupnya. Dia menyesal karena pekerjaannya membuatnya hampir tak mempunyai waktu untuk keluarga. Itulah pelajaran hidup nomor 1 yang bisa kita petik dari film ini. Pelajaran hidup nomor 2 adalah jangan terlalu dibuai dalam nikmatnya teknologi. Jangan sampai tenggelam. Ada saatnya kita sejenak melupakan smart phone, gadget, dan teman temannya, supaya kita bisa mempunyai untuk diri kita sendiri atau juga untuk keluarga.
A great Film. Sangat direkomendasikan untuk ditonton oleh semua orang.
Gimana menurut kalian? Tulis Pendapatmu di kolom komentar.


EmoticonEmoticon

Popular all of Time