Wednesday, March 13, 2019

PENGERTIAN E-COMMERCE, BENTUK, DAN CONTOHNYA




  Apa itu E-Commerce? Bagaimana Sejarahnya? Apa saja 
Bentuk dan contoh contohnya?
Simak penjelasannya berikut ini.



E- Commerce atau Electronic Commerce (EC) adalah sebuah proses jual beli barang dan atau jasa, pada World Wide Web / Internet. Sederhananya adalah transaksi jual beli yang dilakukan secara online. Kalakota dan Whinston (1997) mendefenisikan EC dari berbagai perspektif berikut :

  • Dari Perspektif Komunikasi, EC merupakan pengiriman informasi produk/layanan, atau pembayaran melalui lini telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya.  

  • Dari Perspektif layanan, EC merupakan satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.

  • Dari perspektif proses bisnis, EC merupakan aplikasi teknologi menuju otomasisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan. 

Penerapan e-commerce bermula sekitar tahun 1970-an, dengan adanya infovasi seperti electronic fund transfer (EFT) atau uang elektronik. Kemudian munculllah Electronic Data Intercharge (EDI), yang berkembang dari transaksi keuangan ke pemrosesan transaksi lain pembesaran jumlah perusahaan yang berperan serta, mulai lembaga lembaga keuangan, hingga perusahaan manufaktur. ritel, layanan, dan sebagainya. Dengan adanya komersialisasi internet di awal tahun 1990-an, serta pesatnya pertumbuhan yang mencapai hingga jutaan pelanggan potensial, maka muncullah istilah electronic commerce atau disingkat e-commerce. 



Electronic Commerce bisa beragam bentuknya tergantung pada tingkat digitalisasi produk (layanan) yang dijual, prosesnya, serta agen agen pengirimnya. berikut adalah beberapa pengelompokan / klasifikasi e-Commerce. 

  • Business to Business (B2B). Kebanyakan e-commerce yang diterapkan saat ini adalah tipi B2B. Ini merupakan salah satu bentuk transaksi e-commerce yang dilakukan antar perusahaan (transaksi dilakukan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya). Contohnya Wal-Mart dengan Warner-Lambert. 

  • Business to consumer (B2C). Ini merupakan bentuk transaksi antar sebuah perusahaan dengan seorang seorang pelanggan atau pembeli. Contohnya adalah Barnes & Nobles, Cisco, Dell, Compaq, dan lain sebagainya.

  • Consumer to Consumer (C2C). e-commerce bentuk ini menyediakan tempat bagi seorang penjual untuk menjual barangnya kepada penjual lainnya. Jadi berbeda dengan dua contoh diatas, penjual bukanlah sebuah perusahaan. Dengan kata lain, seorang konsumen menjual kepada konsumen. Contohnya adalah Tokopedia.
Consumer to Business (C2B). Dalam transaksi jenis ini, seorang konsumen menawarkan produk atau jasanya kepada sebuah perusahaan. Consumer mencari penjual yang notabenenya adalah perusahaan, berinteraksi dengan mereka, dan menyepakasi sebuah transaksi.


EmoticonEmoticon

Popular all of Time