Friday, February 15, 2019

MEMPELAJARI PERAN SPIN DOCTOR LEWAT FILM OUR BRAND IS CRISIS


Menonton film ini membuat saya melihat dengan begitu jelas peran spin doctor dalam sebuah persaingan politik. Lupakan bagaimana alur film tersebut mengalir dan berakhir. Fokus pada bagaimana Calamity Jane Bodie, membuat Castillo memenangkan Kursi kepresidenan Bolivia
dan persaingannya dengan Thornton’s Pat Candy, konsultan politik untuk oposisi, lawan terkuat saat itu. Pertama kali Jane ikut dalam tim Castillo, calon itu hanya punya 8% suara, berapa di urutan kelima dari 8 calon, terpaut 28% suara dari lawan mereka yang berada di urutan pertama. Inilah pelajaran pertama yang bisa diambil dari Jane perihal menjadi spin doctor. BRAND. Dan untuk menciptakan brand, “tidak baik jika merubah seseorang agar sesuai dengan teks naratifnya. Ubahlah teks naratifnya agar sesuai dengan sifat seseorang.“ Lalu munculkan tren di masyarakat, yang relefan dengan sifat tersebut, sehingga masyakat akan mulai berpikir lagi. “This is not election anymore. This is Crisis. And Our Brand is Crisis.” Langkah awal yang membuat Castillo naik ke peringkat 4 dengan 10 % suara.

Pelajaran kedua tentang spin doctor adalah melakukan apapun supaya supaya mendapat suara dari masyarkat. Kampanye hitam atau kampanye negatif memang bukan hal yang bagus ditunjukan dalam kontestati politik. Tapi balik lagi, politik adalah tentang kekuasaan. Yang perlu dilakukan hanyalah membuat kampanye hitam yang terlalu fiktif. Manipulasi data adalah opsi terburuk dari kampanye hitam, yang sebaiknya tidak boleh digunakan. Tapi Kampanye hitam bukan lagi soal menyerang lawan dengan data yang tidak valid, tetapi memanfaatkan data data valid yang ada, lalu memframingnya sebisa mungkin agar berdaya serang. Selain itu membuat serangan serangan itu terlihat bukan muncul dari kita, tapi dari masyarakat. Kadang kadang menyebarkan rumor bukan hanya soal membuat orang percaya dengan hal tersebut. “Aku hanya ingin mendengar dia menyangkalnya”. Setidak masuk akalpun rumor tersebut, kita tak pernah tau bagaimana itu berkembang di masyakarat. Rumor tidak masuk akal tentang Rivera yang berteman dengan seorang tentara Nazi, membuat polling suaranya turun sebanyak 3 %.

            Seorang spin doctor selain mengeluarkan kampanye hitam, dia juga harus bisa menepis kampanye hitam yang menyerang, atau bahkan membalikkan serangan tersebut menjadi credit poin tambahan yang menguntungkan. Seperti mengubah hal negatif dari Castillo, hal yang tidak sungguh sunggu tak ingin diberitahu Castillo, menjadi sesuatu yang mengguntungkannya, dan mendapat simpati masyarakat, membuat dia naik ke peringkat 3, dengan jumlah 19% suara. 11 poin untuk sampai puncak.

Pelajaran terakhir yang dapat saya ambil adalah berkaitan dengan persaingan antara Jane dan Candy. Jangan pernah lengah. Hingga detik detik terakhir sebelum pemilihan, jangan pernah lengah dengan lawan politik. Detik detik terakhir adalah yang paling menentukan. Salah di detik terakhir dan kalah. Jane tahu persis hal itu. Dia selalu penuh siasat dan tak lengah. 0.2 % selisih suara yang akhirnya memenangkan Castillo adalah hasil dari kesigapan Jane, kesigapan seorang spin doctor. Dari hal hal diatas kita bisa melihat peran penting seorang spin doctor. Melakukan branding, mempengaruhi pola pikir masyarakat, memframing diri dan lawan politik, membalikkan serangan menjadi keuntungan, dan siaga.


EmoticonEmoticon

Popular all of Time