Friday, February 15, 2019

PERUSAHAAN PILI MULTIMEDIA


1. PILI MULTIMEDIA SELAYANG PANDANG
PiLi Multimedia adalah salah satu perusahaan asal Taiwan yang bergerak di industry Kreatif.
Sejak Didirikan pada tahun 1970, perusahaannya telah membuat banyak sekali produk dibidang Multimedia, diantaranya Puppet Show (1985), Video PiLi Budaishi (1991), dan film Legend of the Scared Stone (2000). Puppet Show adalah pertunjukan boneka Taiwan menjadi salah satu acara paling popular di Taiwan. Acara ini bahkan masih berlanjut hingga saat ini, sedangkan Video PiLi Budaishi menjadi item paling sering disewa dalam Video Taiwan dan toko rental VCD.
Selain menghasilkan Karya karya luar biasa,  PiLi Multimedia secara bertahap mengembangkan Perusahaan mereka. Tahun 1995, PiLi mendirikan saluran TV yang berfokus pada kesenian tradisional Taiwan. Tahun 1999 PiLi mulai merambah dunia Merchandise dengan mendesain karakter pertunjukan, sekaligus menyesuaikan produk agar menarik bagi Konsumen dari usia yang berbeda. Di tahun yang sama mereka mengubah nama menjadi “PiLi Multimedia Internasional Inc”. Saat itulah Puppet Show mulai menjadi konsumsi masyarakat dari luar Taiwan. PiLi Store dan E-PiLi Network menggabungkan kreativitas budaya dengan pemasaran nyata dan virtual elektronic commerce.
Ini yang membuat PiLi menerima penghaargaan dari Kantor Pemerintahan, serta mendapat pengakuan sebagai anggota dari “Important Emerging Industry”.Tak berhenti di situ, dalam beberapa tahun terakhir  PiLi bekerjasama  dengan Art Alince untuk membuat berbagai macam produk turunan seperti CD Musik, VCD, Game PC dan Online, dan lain lain. Dan mereka terus menerus mencari cara untuk mengembangkan, berinovasi, juga mempertahankan industry dan kesenian asli Taiwan ini.

2. STRATEGI RANTAI NILAI PILI
PiLi menggabungakan unsur tradisional dengan unsur modern, yaitu dengan memperkenalkan boneka Taiwan melalui multimedia. Mereka menggunakan Stategi Rantai Nilai sebagai titik awal. Konsep inilah yang menjadikan alasan dibalik kesuksesan PiLi. Stategi Rantai Nilai meliputi Cultire, Ideation, Design, Production, Branding, dan Channeling.

3. CULTURE
Culture yang dipakai oleh PiLi adalah bahwa Produk menyatakan cara berpikir dan cara hidup orang China. Ketika orang orang berpikir kesenian tradisional hanya sebagai hiburan saja, PiLi berhasil memecah pemikiran tersebut, dengan mengubah kesenian tradisional menjadi Industri, dan membuat kesenian tradisional Taiwan terkenal secara internasional.Seni Pertunjukan Boneka ini sudah ada sejak akhir Zaman Dinasti Ching di Chuen-Cho, wilayah China, dan masuk ke Taiwan dari Provinsi Fujian pada tahun 1800.

4  IDEATION
Ide PiLi untuk menggabungkan Tradisional dan Modern dalam Industri Kreatif telah membuat mereka menjadi role model bagi banyak orang disekitarnya. Mereka terus menerus menciptakan ide dan konsep konsep menarik dalam segi pertunjukan.  Dari Pasar Pertunjukan Boneka mereka bisa menciptakan pasar pasar turunan lainnya, sambil terus melakukan inovasi dan kreasi agar pasar utama mereka tetap besar.

5  DESIGN
Design menjadi hal yang paling tampak secara visual, karena itu design sangat menentukan berhasil tidaknya suatu produk dimata konsumen. PiLi menjadikan budaya sebagai referensi, sambil terus berinovasi dalam zaman yang berdinamika. Design dari setiap karakter Boneka menjadi hiburan tersendiri bagi masyrakat, namun juga menguntungkan usaha turunan lainnya, seperti merchandise. Contohnya karakter karakter dalam film Legend of the Sacred Stone, yang memiliki design design tersendiri untuk menunjukan perbedaan sifat, dan kepribadian. 

6  PRODUCTION
Setelah Design adalah Produksi, bagian paling menentukan dalam industry kreatif. PiLi selalu memilih yang terbaik dari yang terbaik, untuk menjaga kualitas mereka, dalam segala hal mulai dari kru film, lokasi ruangan rekaman dan sebagainya. Keluarga Huang adalah panutan karena setelah ratusan tahun seni pertunjukan tidak berinovasi, mereka akhirnya membawa angina segar, menjadikan Pertunjukan ini menjadi lebih hidup. Biaya yang dikeluarkan demi hasil produksi yang memuasakan terbilang sangat besar. Ditambah efek efek khusus yang bisa membuatnya lebih nyata.

7  BRANDING
Branding yang dilakukan oleh PiLi sangat beragam, sehingga perusahaan ini mendapatkan pasar yang lebih besar. PiLi melakukan Branding melalui nama, logo, dan memberikan lisensi PiLi Group kepada perusahaan lain. Sumber pendapatan utama PiLi yaitu Penjualan dan Sewa Video, Pendapatan Saluran TV satelit, Penjualan produk turunan, dan pendapatan lisensi luar negeri. Pendapatan yang besar tersebut bukan hanya karena penjualan produknya, tetapi lebih dari itu karena Branding yang telah dilakukan. Berikut adalah beberapa Branding yang dilakukan oleh PiLi Multimedia.
3.7.1 Branding Melalui Pasar Internasional
Seperti yang dijelaskan diatas dengan adanya PiLi Store dan E-PiLi Network, Perusahaan ini berhasil membranding produk mereka, sehingga mencakup hingga ke pasar Internasional. Selain itu PiLi juga bekerja sama dengan perusahaan internasional dalam membuat beberapa produk barang, yang bisa dijual secara internasional.
3.7.2 Branding Melalui Nama dan Logonya.
            Nama dan Logo tentu sangat penting dalam proses branding, terutama membuat masyarakat mengingat Perusahaan ini. Jika nama dan logo sudah diingat oleh banyak orang, hal ini bisa menambah rasa percaya dari banyak kalangan.
3.7.3 Branding Melalui Lini Produknya
Lini produk maksudnya adalah produk turunan seperti CD dan DVD, produk mainan, produk alat tulis, produk percetakan, produk pakaian, produk elektronik dan produk perlengkapan rumah tangga. Cara tersebut efektif karena peralatan tersebut dekat dengan kehidupan masyarakat.
3.7.4 Branding Melalui Lisensi Produk
Kerja sama dengan perusahaan perusahaan memberi lebih banyak peluang produk PiLi dikenal dan dikonsumsi oleh banyak orang.
3.7.5 Branding Melalui Ketenaran Pendirinya
      Nama besar pemilik dari PiLi juga memberi kesempatan untuk membranding produk produk dari perusahaannya, sambil terus mencari cara membesarkan nama dari perusahaan mereka. Keluarga Huan termasuk yang terkenal didaerah Yuen-li.
3.7.6 Branding Melalui Positioning
      Positioning adalah langkah penting untuk memangkas jarak antara perusahaan dengan konsumen. Dengan berada di posisi yang tepat masyarakat semakin percaya dengan PiLi. Positioning PiLi sebagai industri kreatif yang ingin memperkenalkan kebudayaan Taiwan memebuatnya didukung oleh banyak kalangan.
3.7.7 Branding Melalui Pameran
Menampilkan karakter karakter dalam sebuah pameran juga langkah yang tepat untuk membranding produk dari PiLi. Seperti yang sudah pernah dilakukan oleh PiLi dan itu berdampak baik bagi perusahaan.
3.7.8 Branding Melalui Kegiatan
Membuat pameran juga termasuk salah satu kegiatan yang bisa membranding, namun secara spesifik disini adalah kegiatan seperti seminar, kontes, perlombaaan, dan lain sebagainya.
3.7.9 Branding Melalui Broadcasting
Dengan adanya Televisi sendiri, PiLi semakin mudah membranding produk produk mereka melalui broadcasting. Selain itu juga melalui film, show, dan sebagainya.
3.7.10 Branding Melalui Advertising
Mengiklankan produk adalah wajib hukumnya bagi perusahaan yang ingin membranding produk mereka. Karena salah satu fungsi iklan memang untuk membranding.
3.7.11 Branding Melalui Publishing
Publishing juga memainkan peran cukup penting dalam memperbesar jangkauan pasar. Semakin sering dipublish semakin banyak juga yang tahu tentsng suatu produk. Untuk itulah PiLi membentuk PiLi Publishing, inc.
3.7.12 Branding Melalui Creative Live
PiLi juga beberapa kali melakukan branding lewat creative live, dan itu berdampak besar bagi kemajuan perusahaan.
3.7.13 Branding Melalui Digital Entertaiment
Di dunia yang serba digital ini, memanfatkan Digital Entertaiment tentunya akan berguna demi kemajuan perusahaan. Salah satu Digital Entertaiment dari PiLi adalah Website yang saat ini telah memiliki jutaan anggota.
3.7.14 Branding Melalui Architect Design
Design Arsitektur yang bagus akan menjadi eye catcher yang tepat. Karena itulah konsep dalam pertunjukan selalu didukung dengan dekorasi dan design arsitektur yang bergaya.
3.7.15 Branding Melalui Fans Club
PiLi memiliki Fans Club yang sangat mendongkrak popularitas serta berdampak baik bagi perusahaan.
3.7.16 Branding Melalui Media Sosial
      Dan yang terakhir melalui media sosial, media yang saat ini paling banyak penggunannya. PiLi mempunyai official Account di Facebook serta Blog.

8. CHANNELING
Channeling bergerak di berbagai sector, mulai dari pengenalan, menyebaran informasi, negosiasi, pembiayaan posesi fisik, dan masih banyak lagi. Channeling yang dilakukan oleh PiLi telah terbukti membuat mereka Berjaya dan bertahan bertahun tahun didunia industri kreatif.


EmoticonEmoticon

Popular all of Time