1. PILI MULTIMEDIA SELAYANG PANDANG
PiLi
Multimedia adalah salah satu perusahaan asal Taiwan yang bergerak di industry
Kreatif.
Sejak Didirikan pada tahun 1970, perusahaannya telah membuat banyak sekali produk dibidang Multimedia, diantaranya Puppet Show (1985), Video PiLi Budaishi (1991), dan film Legend of the Scared Stone (2000). Puppet Show adalah pertunjukan boneka Taiwan menjadi salah satu acara paling popular di Taiwan. Acara ini bahkan masih berlanjut hingga saat ini, sedangkan Video PiLi Budaishi menjadi item paling sering disewa dalam Video Taiwan dan toko rental VCD.
Sejak Didirikan pada tahun 1970, perusahaannya telah membuat banyak sekali produk dibidang Multimedia, diantaranya Puppet Show (1985), Video PiLi Budaishi (1991), dan film Legend of the Scared Stone (2000). Puppet Show adalah pertunjukan boneka Taiwan menjadi salah satu acara paling popular di Taiwan. Acara ini bahkan masih berlanjut hingga saat ini, sedangkan Video PiLi Budaishi menjadi item paling sering disewa dalam Video Taiwan dan toko rental VCD.
Selain
menghasilkan Karya karya luar biasa,
PiLi Multimedia secara bertahap mengembangkan Perusahaan mereka. Tahun
1995, PiLi mendirikan saluran TV yang berfokus pada kesenian tradisional
Taiwan. Tahun 1999 PiLi mulai merambah dunia Merchandise dengan mendesain
karakter pertunjukan, sekaligus menyesuaikan produk agar menarik bagi Konsumen
dari usia yang berbeda. Di tahun yang sama mereka mengubah nama menjadi “PiLi
Multimedia Internasional Inc”. Saat itulah
Puppet Show mulai menjadi konsumsi masyarakat dari luar Taiwan. PiLi Store dan
E-PiLi Network menggabungkan kreativitas budaya dengan pemasaran nyata dan
virtual elektronic commerce.
Ini yang membuat PiLi menerima
penghaargaan dari Kantor Pemerintahan, serta mendapat pengakuan sebagai anggota
dari “Important Emerging Industry”.Tak berhenti di situ, dalam beberapa tahun
terakhir PiLi bekerjasama dengan Art Alince untuk membuat berbagai
macam produk turunan seperti CD Musik, VCD, Game PC dan Online, dan lain lain.
Dan mereka terus menerus mencari cara untuk mengembangkan, berinovasi, juga
mempertahankan industry dan kesenian asli Taiwan ini.
2. STRATEGI RANTAI
NILAI PILI
PiLi
menggabungakan unsur tradisional dengan unsur modern, yaitu dengan
memperkenalkan boneka Taiwan melalui multimedia. Mereka menggunakan Stategi
Rantai Nilai sebagai titik awal. Konsep inilah yang menjadikan alasan dibalik
kesuksesan PiLi. Stategi Rantai Nilai meliputi Cultire, Ideation, Design, Production,
Branding, dan Channeling.
3. CULTURE
Culture
yang dipakai oleh PiLi adalah bahwa Produk menyatakan cara berpikir dan cara
hidup orang China. Ketika orang orang berpikir kesenian tradisional hanya
sebagai hiburan saja, PiLi berhasil memecah pemikiran tersebut, dengan mengubah
kesenian tradisional menjadi Industri, dan membuat kesenian tradisional Taiwan
terkenal secara internasional.Seni Pertunjukan Boneka ini sudah ada sejak akhir
Zaman Dinasti Ching di Chuen-Cho, wilayah China, dan masuk ke Taiwan dari
Provinsi Fujian pada tahun 1800.
Ide
PiLi untuk menggabungkan Tradisional dan Modern dalam Industri Kreatif telah
membuat mereka menjadi role model bagi banyak orang disekitarnya. Mereka terus
menerus menciptakan ide dan konsep konsep menarik dalam segi pertunjukan. Dari Pasar Pertunjukan Boneka mereka bisa
menciptakan pasar pasar turunan lainnya, sambil terus melakukan inovasi dan
kreasi agar pasar utama mereka tetap besar.
5 DESIGN
Design
menjadi hal yang paling tampak secara visual, karena itu design sangat
menentukan berhasil tidaknya suatu produk dimata konsumen. PiLi menjadikan
budaya sebagai referensi, sambil terus berinovasi dalam zaman yang berdinamika.
Design dari setiap karakter Boneka menjadi hiburan tersendiri bagi masyrakat,
namun juga menguntungkan usaha turunan lainnya, seperti merchandise. Contohnya
karakter karakter dalam film Legend of the Sacred Stone, yang memiliki design
design tersendiri untuk menunjukan perbedaan sifat, dan kepribadian.
6 PRODUCTION
Setelah
Design adalah Produksi, bagian paling menentukan dalam industry kreatif. PiLi
selalu memilih yang terbaik dari yang terbaik, untuk menjaga kualitas mereka,
dalam segala hal mulai dari kru film, lokasi ruangan rekaman dan sebagainya.
Keluarga Huang adalah panutan karena setelah ratusan tahun seni pertunjukan
tidak berinovasi, mereka akhirnya membawa angina segar, menjadikan Pertunjukan
ini menjadi lebih hidup. Biaya yang dikeluarkan demi hasil produksi yang
memuasakan terbilang sangat besar. Ditambah efek efek khusus yang bisa
membuatnya lebih nyata.
7 BRANDING
Branding
yang dilakukan oleh PiLi sangat beragam, sehingga perusahaan ini mendapatkan
pasar yang lebih besar. PiLi melakukan Branding melalui nama, logo, dan
memberikan lisensi PiLi Group kepada perusahaan lain. Sumber pendapatan utama PiLi
yaitu Penjualan dan Sewa Video, Pendapatan Saluran TV satelit, Penjualan produk
turunan, dan pendapatan lisensi luar negeri. Pendapatan yang besar tersebut
bukan hanya karena penjualan produknya, tetapi lebih dari itu karena Branding
yang telah dilakukan. Berikut adalah beberapa Branding yang dilakukan oleh PiLi
Multimedia.
3.7.1 Branding Melalui Pasar Internasional
Seperti
yang dijelaskan diatas dengan adanya PiLi Store dan E-PiLi Network, Perusahaan
ini berhasil membranding produk mereka, sehingga mencakup hingga ke pasar
Internasional. Selain itu PiLi juga bekerja sama dengan perusahaan
internasional dalam membuat beberapa produk barang, yang bisa dijual secara
internasional.
3.7.2 Branding Melalui Nama dan Logonya.
Nama dan Logo tentu sangat penting
dalam proses branding, terutama membuat masyarakat mengingat Perusahaan ini.
Jika nama dan logo sudah diingat oleh banyak orang, hal ini bisa menambah rasa
percaya dari banyak kalangan.
3.7.3 Branding Melalui Lini Produknya
Lini produk maksudnya adalah produk turunan seperti CD
dan DVD, produk mainan, produk alat tulis, produk percetakan, produk pakaian,
produk elektronik dan produk perlengkapan rumah tangga. Cara tersebut efektif karena
peralatan tersebut dekat dengan kehidupan masyarakat.
3.7.4 Branding Melalui Lisensi Produk
Kerja sama dengan perusahaan
perusahaan memberi lebih banyak peluang produk PiLi dikenal dan dikonsumsi oleh
banyak orang.
3.7.5 Branding Melalui Ketenaran Pendirinya
Nama besar
pemilik dari PiLi juga memberi kesempatan untuk membranding produk produk dari
perusahaannya, sambil terus mencari cara membesarkan nama dari perusahaan
mereka. Keluarga Huan termasuk
yang terkenal didaerah Yuen-li.
3.7.6 Branding Melalui Positioning
Positioning
adalah langkah penting untuk memangkas jarak antara perusahaan dengan konsumen.
Dengan berada di posisi yang tepat masyarakat semakin percaya dengan PiLi. Positioning
PiLi sebagai industri kreatif yang ingin memperkenalkan kebudayaan Taiwan
memebuatnya didukung oleh banyak kalangan.
3.7.7 Branding Melalui Pameran
Menampilkan karakter karakter
dalam sebuah pameran juga langkah yang tepat untuk membranding produk dari
PiLi. Seperti yang sudah pernah dilakukan oleh PiLi dan itu berdampak baik bagi
perusahaan.
3.7.8 Branding Melalui Kegiatan
Membuat pameran juga termasuk salah satu kegiatan yang
bisa membranding, namun secara spesifik disini adalah kegiatan seperti seminar,
kontes, perlombaaan, dan lain sebagainya.
3.7.9 Branding Melalui Broadcasting
Dengan adanya Televisi
sendiri, PiLi semakin mudah membranding produk produk mereka melalui
broadcasting. Selain itu juga melalui film, show, dan sebagainya.
3.7.10 Branding Melalui Advertising
Mengiklankan produk adalah
wajib hukumnya bagi perusahaan yang ingin membranding produk mereka. Karena
salah satu fungsi iklan memang untuk membranding.
3.7.11 Branding Melalui Publishing
Publishing juga memainkan peran cukup penting dalam
memperbesar jangkauan pasar. Semakin sering dipublish semakin banyak juga yang
tahu tentsng suatu produk. Untuk itulah PiLi membentuk PiLi Publishing, inc.
3.7.12 Branding Melalui Creative Live
PiLi juga beberapa kali
melakukan branding lewat creative live, dan itu berdampak besar bagi kemajuan
perusahaan.
3.7.13 Branding Melalui Digital Entertaiment
Di dunia yang serba digital ini, memanfatkan Digital
Entertaiment tentunya akan berguna demi kemajuan perusahaan. Salah satu Digital
Entertaiment dari PiLi adalah Website yang saat ini telah memiliki jutaan
anggota.
3.7.14 Branding Melalui Architect Design
Design Arsitektur yang bagus akan menjadi eye catcher
yang tepat. Karena itulah konsep dalam pertunjukan selalu didukung dengan dekorasi dan
design arsitektur yang bergaya.
3.7.15 Branding Melalui Fans Club
PiLi memiliki Fans Club yang
sangat mendongkrak popularitas serta berdampak baik bagi perusahaan.
3.7.16 Branding Melalui Media Sosial
Dan yang
terakhir melalui media sosial, media yang saat ini paling banyak penggunannya.
PiLi mempunyai official Account di Facebook serta Blog.
Channeling bergerak di berbagai sector,
mulai dari pengenalan, menyebaran informasi, negosiasi, pembiayaan posesi
fisik, dan masih banyak lagi. Channeling yang dilakukan oleh PiLi telah
terbukti membuat mereka Berjaya dan bertahan bertahun tahun didunia industri kreatif.
EmoticonEmoticon